Rabu, 17 Juli 2013
Selamat, anda membuka cakrawala untuk menambah informasi baru,pelajaran Prakarya dalam Kurikulum 2013.
Blog ini untuk kita bersama,sharing,dan saling mengisi untuk meningkatkan pelajaran Prakarya.
Dengan tujuan Pelajaran Prakarya akan lebih berkreatif,inovasi dan mengikuti kemajuan tehnologi sekarang dan masa depan.
Sambil berjalan Blog ini akan diperbaiki dengan adanya saran-saran dari teman-teman,sehingga bisa bermanfaat dan membantu teman yang lain yang memperlukannya.
Terima Kasih
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhkVTJU1LL3LfrDrheyV2rZ7mXnRd1jXoCC3HlEsIAjYdXDY-IIQ5tcIxEjM25AX92IRsYM9DPUCcRe_qIBBgW7Ih6T4oTKl1zW7LG6L5dil-JCJTvLIpP0DEcpuDCeqkjNg7de7g0hc-I/s400/Q10.jpg
1. Model Pembelajaran Berbasis Proyek Prakarya
2. contoh penerapan pendekatan scientifik prakarya
3. contoh penerapan penilaian autentik prakarya


1.RPP KERAJINAN 1
2.RPP KERAJINAN 2
3.RPP KERAJINAN 3

1.RPP REKAYASA 1
1.RPP REKAYASA 2
1.RPP REKAYASA 3

1.RPP BUDI DAYA 1
1.RPP BUDI DAYA 2
1.RPP BUDI DAYA 3

1.RPP PENGOLAHAN 1
2.RPP PENGOLAHAN 2
3.RPP PENGOLAHAN 3

1. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARKELAS VII KERAJINAN
2. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARKELAS VII REKAYASA
3. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARKELAS VII BUDIDAYA
4. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARKELAS VII PENGOLAHAN
5. MODEL RANCANGAN PEMBELAJARAN


Minggu, 14 Juli 2013
 1.Kumpulan potongan pipa paralon bekas (sisa)
  2.Selanjutnya dipotong sesuai desain yang direncanakan,disambung pakai lem paralon
3.Pipa paralon disambungkan dengan penyangga lampu listrik
4. Gambar 3 disambung dengan paralon sesuai kebutuhan
 4.Penyangga lampu listrik,kita pasang di permukaan paralon yang paling besar
5. Karena langit-langit atap rumah saya tingginya 3,5 m maka 2 pipa paralon saya sambung menjadi satu,sehingga panjangnya 110 cm
 6.Hasil sambungan yang siap dipasang langit-langit atap yang tinggi
 7. Hasil yang saya pasang di ruang tengah
8. Hasil yang saya pasang di ruang tamu

Selamat bagi yang ingin berkreatif dan tentunya lebih inovatif dan bagus .....
Arifin

Kelas VII  
KERAJINAN
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghargai keberagaman produk kerajinan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menghargai rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman karya kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2     Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat karya kerajinan.
2.3     Menghargai kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan karya kerajinan.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Memahami desain pembuatan dan pengemasan karya bahan alam berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.2     Mengidentifikasi proses modifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan alam sesuai wilayah setempat.
3.3     Memahami desain pembuatan dan pengemasan karya bahan buatan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.4     Mengidentifikasi proses modifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai wilayah setempat.





KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1     Mencoba membuat karya kerajinan dan pengemasan dari bahan alam sesuai desain dan bahan alam yang ada di wilayah setempat
4.2     Memodifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan alam sesuai hasil identifikasi di wilayah setempat
4.3     Mencoba membuat karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai desain dan bahan buatan yang ada di wilayah setempat
4.4     Memodifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai hasil identifikasi di wilayah setempat
KELAS VII
REKAYASA
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghargai keberagaman produk rekayasa di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2     Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk rekayasa
2.3     Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan produk rekayasa
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Memahami prosedur rekayasa yang digunakan sebagai alat penjernih air dari bahan alami
3.2     Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu yang digunakan sebagai alat penjernih air dengan bahan buatan yang ada di daerah setempat dan daerah lain
3.3     Memahami prosedur rekayasa yang digunakan sebagai produk sederhana dengan teknologi mekanik


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

3.4 Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu yang digunakan sebagai mainan dengan teknologi mekanik yang ada di daerah setempat dan daerah lain
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1     Mencoba membuat alat penjernih air dari bahan alami yang ada di lingkungan sekitar
4.2     Mencoba membuat alat penjernih air dari bahan buatan yang ada di lingkungan sekitar
4.3     Mencoba membuat produk sederhana menggunakan teknologi mekanik (gerak, putar, ungkit dan sebagainya)
4.4     Mencoba membuat mainan menggunakan teknologi mekanik
KELAS VII
BUDIDAYA
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghargai keberagaman hasil budidaya di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk budidaya daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2     Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan melaksankan kegiatan budidaya
2.3     Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan budidaya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Memahami konsep dan prosedur budidaya tanaman sayuran sesuai wilayah setempat
3.2     Mengidentifikasi teknik modifikasi media tanam tanaman sayuransesuai wilayah setempat
3.3     Memahami konsep dan prosedur budidaya tanaman obat sesuai wilayah setempat
3.4     Mengidentifikasi teknik modifikasi media tanam tanaman obat sesuai wilayah setempat


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1     Mempraktikan budidaya tanaman sayuran berdasarkan konsep dan prosedur yang ada di wilayah setempat
4.2     Memodifikasi media tanam tanaman sayuran berdasarkan identifikasi sesuai wilayah setempat
4.3     Mempraktikkan budidaya tanaman obat berdasarkan konsep dan prosedur yang ada di wilayah setempat
4.4     Memodifikasi media tanam tanaman obat berdasarkan identifikasi sesuai wilayah setempat
KELAS VII 
PENGOLAHAN
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghargai keberagaman produk
pengolahan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2     Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan
2.3     Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan produk pengolahan


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan aneka olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman segar berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.2     Memahami manfaat dan proses pembuatan, penyajian dan pengemasan aneka olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman kesehatan yang ada di wilayah setempat.
3.3     Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan aneka olahan pangan buah dan sayuran menjadi makanan cepat saji yang sehat berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.4     Memahami manfaat dan proses olahan non pangan dari hasil samping bahan pangan nabati menjadi bahan dasar kerajinan
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1     Mencoba membuat olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman segar sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.2     Mencoba membuat olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman kesehatan sesuai hasil analisis dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.3     Mencoba membuat olahan pangan buah dan sayuran menjadi makanan cepat saji yang sehat sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.4     Mencoba membuat olahan non pangan dari hasil samping bahan pangan nabati menjadi bahan dasar kerajinan




PRAKARYA

Rekayasa

1.RPP REKAYASA 1
1.RPP REKAYASA 2
1.RPP REKAYASA 3

Bahan Presentasi

Video Peer Teaching

Robotic

Robotic

Penjernih Air

Penjernih Air